The power of teacher

bpk guru nasional

bpk guru nasional


Orang jawa bilang GURU = di gugu lan ditiru ( jadi contoh dan panutan)
Iwan fals bilang GURU = jadi Frofesor, insinyur, dokter dll berawal dari guru (lagu umar bakri)
Guru kencing berdiri, murid kencing berlari = kesalahan / ketidakbenaran yang diajarkan oleh guru akan berakibat fatal bagi murid / peserta didiknya.
Ada mantan istri, mantan presiden, mantan lurah dll = tapi tidak / belum ada mantan GURU.
1. Tulisan ini membahas apa sih GURU itu?
2. Seberapa hebat profesi GURU?

Secara sederhana guru adalah orang yang ngajar kita disekolah. Menurut konsep islam, seseorang dinamakan guru jika orang tersebut telah memberikan ilmu. Dalam islam tidak memandang seseorang guru harus bisa berbicara didepan public, harus rapi, dll, tapi batasan guru menurut islam adalah jika orang tersebut bisa memberikan kita pengetahuan dan ilmu (petani, buruh, pekerja kasar, jendral, pedagang atau dengan kata lain islam tidak memandang orang berdasarkan status social, pekerjaan, derajat, pangkat dll) maka dapat dikatakan GURU.
Pada umumnya kata guru bisa diartikan orang yang pintar. Contoh : guru spiritual adalah orang yang pintar dalam hal spiritual, guru ngaji adalah orang yang mengajari baca quran, guru silat adalah orang yang pintar dan mengajar ketrampilan ilmu beladiri, dll.
Lantas seberapa hebat sih guru yang kita kenal mengajar disekolah?
Kehebatan guru disekolah yaitu:
1. sebagai sutradara
dalam pembuatan film, sutradara berperan mengatur, bertanggung jawab, dan mengorganisir jalannya sebuah pembuatan film. Begitu juga dengan guru, beliau bertanggung jawab atas setiap murid, mengorganisir kelas, dan mengatur jalannya proses pembelajaran.
2. sebagai model / pelaku / artis
coba perhatikan ketika guru sedang menerangkan pelajaran didepan kelas, bak seorang model ia berjalan kekanan, kekiri, kedepan, dan kebelakang. Dikatakan seorang artis karena kemampuannya berbicara didepan kelas laksana presenter yang sedang membawakan acara.
3. selaku penulis scenario
tahukah kamu sebelum mengajar seorang guru wajib kiranya melakukan persiapan, dalam ilmu pendidikan persiapan tersebut dinamakan RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN). So…sebelum kita belajar dikelas ternyata guru sudah merancang sedemikian rupa, termasuk didalamnya bagaimana kita belajar, sumber belajar, metode, dan model pembelajaran. Bak seorang penulis scenario yang mengetahui lebih dulu jalan cerita.
4. penata rias / artistic
sebelum mengajar seorang guru perlu mempersiapkan diri agar setiap penampilan terkesan dan terlihat wibawa, formal, dan dapat menarik perhatian peserta didik.
5. koreografer
jika diperhatikan tiap gerakan guru, maka akan didapat makna tersendiri. Gerakan tersebut meliputi: memanggil, menunjuk, berbicara, menyapa, memperhatikan, dll.
6. panelis
dikatakan panelis jika posisi guru bertanya pada siswanya, jika kita pernah melihat acara debat terbuka ditelevisi, maka akan didapat posisi guru sebagai penelis untuk para siswanya.
7. supervisor / pengawas
pengawas ketika kita ujian mata pelajaran, pengawas ketika kita tidak rapi dalam pakaian, dan penampilan, dan pengawas ketika kita ngantuk dan tidak memperhatikan pelajaran..he
8. juri / penilai
jika lembar jawaban ujian sudah terkumpul, pastinya tugas guru menilai tiap siswanya. Dari sini guru bertindak sebagai juri, artinya guru berwenang menilai siapa yang juara dan siapa yang pecundang.

Weleh-weleh…. Ternyata tugas luar biasa, banyak profesi yang bisa dikerjakan guru.
Akhir kata hormatilah guru-guru kita.

About KANZAMEDIA

WIRAUSAHA

Posted on Februari 13, 2009, in pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. wong Jowo juga mengatakan
    guru = wagu tur kuru
    jadi, kalau ada guru yang ngetren dan gendut
    Jowo-nya hilang!

  2. he..he, makasih mas sudah kasih komentar, sing penting ojo dadi guru = lugu tur saru..he

  3. salam kenal. saya juga ada rencana mengadakan seminar guru kreatif

  4. salam kenal juga, terima kasih telah beri komentar.
    hari dan tempat seminar saya tunggu kabarnya pak..
    jika perlu bantuan saya siap membantu sesuai kemampuan.

  5. seminar di Kota Serang. pada 17 Maret. pembicaranya Kak Andy Yudha Asfandiyar (dari Bandung). Kak Andy ini termasuk salah satu sosok yang kreatif mengembangkan media pembelajaran bagi guru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: