Budaya pulang akhir pekan

Sunyi dan senyap, itulah keberadaan kampus kita (Unnes) pada akhir pekan. Keheningan ada pada setiap sudut bangunan, sehingga seperti tidak layak disebut kampus yang notabene tempat belajar mengajar. Suasana tersebut berbeda ketika hari-hari aktiv (senin-jumat), lalu-lalang kendaraan bermotor dan hilir mudik civitas akademika menghiasi setiap badan jalan kampus, Proses belajar mengajar (PBM) terjadi di tiap fakultas dan jurusan, gedung-gedung kampus seakan punya nyawa ketika banyak dosen, mahasiswa, dan pegawai berada didalamnya.
Lantas kemana keberadaan mahasiswa ketika akhir pekan?. Kebanyakan mahasiswa (tidak semua) pulang ketika tiba akhir pekan. Barbagai alasan ketika mereka ditanya kenapa sering pulang akhir pekan. banyak yang menjawab kehabisan biaya hidup, banyak juga yang menjawab ada acara keluarga, ada yang kangen rumah, dan alasan-alasan lain. Dengan ”seabreg” alasan, akhirnya pulang ke kampung halaman seolah-olah menjadi sebuah budaya di akhir pekan. Sehingga muncul steatmen mahasiswa unnes ”mbok-mboken” (anak mami) atau mahasiswa unnes belum bisa lepas dari ibunya.
Dari seringnya mahasiswa pulang akhir pekan, mengindikasikan bahwa kebanyakan mahasiswa belum mempunyai sikap kemandirian. Usaha untuk bertahan hidup dilingkungan yang bukan tempat tinggal asal belum bisa diterapkan pada mahasiswa. Kemandirian dan usaha untuk bertahan hidup tidak serta merta didapat oleh seseorang secara tiba-tiba. Kedua-duanya harus melalui proses belajar. Belajar bersikap mandiri sangat penting dilakukan oleh seseorang, terutama mahasiswa yang pasti akan terjun kedunia kerja yang penuh tantangan. Seseorang tidak selamanya bergantung pada orang tua, ada saatnya kita harus terlepas dari mereka baik secara materi maupun finansial. Dengan adanya sikap mandiri, kita akan menjadi diri kita sendiri dan merupakan wujud eksistensi kita sebagai mahluk individu dan sosial. Mempunyai sikap mandiri tidak semudah membalikan telapak tangan, bergantung pada individu untuk bagaimana mereka berfikir sehingga dapat bertahan hidup.
Kapan lagi mahasiswa belajar bertahan hidup dan bersikap mandiri selain dikampus dan lingkungannya?. Pulang akhir pekan tidak ada yang melarang, namun alangkah baiknya jika mahasiswa mengisi akhir pekan dengan kegiatan yang dapat menambah pengalaman dan pengetahuan selain ilmu yang didapat diruang kuliah. Kegiatan tersebut seperti mengikuti UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang menspesifikasikan kegiatan berdasarkan minat mahasiswa, berkumpul untuk mendiskusikan suatu acara atau kegiatan kedaerahan seperti perkumpulan mahasiswa jakarta, perkumpulan mahasiswa wonosobo, perkumpulan mahasiswa tegal dll; mengikuti acara seminar yang memberi pengetahuan, mencoba berbisnis dengan mengumpulkan banyak teman seperti mendirikan usaha kecil sesuai kemampuan dll.
Perlu suatu usaha yang serentak yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk merubah strereotip banyak mahasiswa yang menganggap kuliah hanya K3 (kelas, kantin, dan kampung).
BEM (badan eksekutif mahasiswa) baik fakultas maupun universitas dan HIMA (himpunan mahasiswa jurusan), UKM, LSM (lembaga swadaya masyarakat), dan organisasi atau perkumpulan mahasiswa daerah perlu merevisi jadual kegiatan dan acaranya untuk pindah ke akhir pekan. Dengan adanya semua pihak memindahkan kegiatan dan acaranya ke akhir pekan maka akan terjadi balance atau keseimbangan. Senin sampai jumat untuk kuliah di kelas / kampus dan sabtu-minggu untuk kegiatan non kampus yang dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman. Sehingga tidak ada lagi kasus mahasiswa bolos kuliah hanya untuk mengikuti seminar, rapat organisasi, mengikuti kegiatan UKM dll. Dari pada akhir pekan pulang lebih baik meramaikan kampus dengan prestasi dan pengalaman. Jadikan kampus kita FUN EVERIDAY AND EVERITIME.

made in fauzi…

About KANZAMEDIA

WIRAUSAHA

Posted on Januari 11, 2009, in info unnes. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: