artikel penelitian

basmalah

basmalah

Beberapa bulan yang lalu di stasiun televisi swasta maupun TVRI muncul Iklan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Iklan tersebut bersifat persuasif karena berisi ajakan kepada masyarakat, khususnya siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Dengan dibintangi tantowi yahya, subronto laras, bob sadino, dan tokoh-tokoh sukses lainnya iklan tersebut terkesan semakin meyakinkan pemirsa. Iklan SMK di televisi dapat menjadi suatu pengaruh pada siswa SMP dalam melanjutkan ke jenjang selanjutnya.
ini adalah sebagian dari contoh dari artikel penelitian lemlit, untuk lebih jelasnya anda bisa hubungi fauzi..he
PENGARUH IKLAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI TELEVISI TERHADAP MINAT SISWA SMP MELANJUTKAN KE SMK

Miftachul Fauzi
Aris Munandar
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Email ketua peneliti miffauzi.tp05@yahoo.com

Abstrak
Beberapa bulan yang lalu di stasiun televisi swasta maupun TVRI muncul Iklan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Iklan tersebut bersifat persuasif karena berisi ajakan kepada masyarakat, khususnya siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Dengan dibintangi tantowi yahya, subronto laras, bob sadino, dan tokoh-tokoh sukses lainnya iklan tersebut terkesan semakin meyakinkan pemirsa. Iklan SMK di televisi dapat menjadi suatu pengaruh pada siswa SMP dalam melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Minat siswa SMP dapat berubah setelah melihat iklan SMK, dan siswa yang sebelumnya sudah punya minat ke SMK semakin yakin dengan adanya iklan tersebut. Bisa dikatakan Iklan SMK memberi pandangan pada siswa dalam mengambil keputusan yang baik dan sesuai dengan minatnya. Disisi lain Iklan SMK juga merupakan media sosialisasi yang digalakan oleh pemerintah untuk meningkatkan jumlah siswa SMK.

Kata Kunci : Iklan di Televisi, Sekolah Menengah Kejuruan, Minat Siswa SMP
A. PENDAHULUAN
Pada awal tahun 2008, muncul tayangan Iklan Sekolah Menengah Kejuruan ditelevisi. Iklan tersebut digagas oleh pemerintah dengan konsep yang menarik dan bersifat persuasif. Iklan tersebut seolah-olah sangat memberikan solusi bagi pelajar yang kebingungan mencari pekerjaan setelah lulus. Iklan tersebut semakin kuat dan menyakinkan masyarakat karena menampilkan tokoh-tokoh orang yang sukses seperti Bob Sadino, Tantowi Yahya, Subronto Laras, Tora Sudiro dan lain-lain.
Terlepas benar tidaknya pesan yang disampaikan, secara umum iklan layanan masyarakat tersebut cukup memberikan pencerahan kepada masyarakat mengenai SMK. Namun, yang perlu dicermati adalah dengan penayangan iklan tersebut apakah sudah optimal untuk dapat mempengaruhi masyarakat khususnya minat siswa SMP yang akan melanjutkan ke SMK. Adanya iklan tersebut apakah sudah memperbaiki Citra SMK yang beberapa tahun lalu muncul issue lulusan SMK hanya berorientasi kerja, susah masuk perguruan tinggi, pengetahuan yang didapat kurang, sering melakukan tawuran, dan lain-lain. Dibalik penayangan Iklan SMK tentunya pemerintah sebagai penggagas mempunyai maksud dan tujuan tersendiri.
Iklan Ditelevisi
Televisi merupakan media elektronik yang sangat potensial untuk mempengaruhi masyarakat, khususnya masyarakat indonesia. Beragam tayangan dipertontonkan, mulai dari tayangan yang bersifat pendidikan, sosial, layanan masyarakat, hiburan, sampai tayangan iklan yang bersifat komersial. Dengan adanya televisi, informasi yang didapat oleh masyarakat jauh lebih mudah, jelas, praktis dan terjangkau semua kalangan masyarakat.
Televisi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, media ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Untuk menjumpai media ini tidaklah susah, hampir ditiap rumah ada televisi, bahkan dalam 1 rumah ada 2 sampai 4 televisi. Dari mulai bangun pagi pemirsa / penonton televisi sudah dimanjakan dengan beragam acara, acara terus berlanjut sampai malam hari, bahkan ada beberapa stasiun televisi yang full time.
Sampai saat ini televisi dipandang masih sangat efektif dalam mempengaruhi masyarakat. Ditiap jeda acara televisi ada yang namanya Iklan. Penayangan Iklan pada umumnya bersifat komersil, namun ada juga iklan layanan masyarakat. Iklan televisi merupakan suatu penayangan ditiap jeda acara yang durasinya singkat. Walaupun iklan terbilang singkat namun sangat besar pengaruhnya karena muncul berkali-kali disetiap acara.
Minat Siswa
Minat sebagaimana dirumuskan dalam “Encyklopedia of Psychology” adalah “faktor yang ada dalam diri seseorang, yang menyebabkan ia tertarik atau menolak terhadap objek, orang dan kegiatan dalam lingkungannya”. Dalam kaitanya dengan penelitian ini maka objek yang dimaksud adalah minat siswa SLTP untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Hakikat minat adalah sangat bersifat pribadi, dan oleh karenanya minat sangat berbeda antara orang yang satu dengan lainnya, bahkan minat dalam diri seseorang berbeda dari waktu ke waktu. Tetapi beberapa upaya telah dikembangkan untuk mengkategorikan minat yang akan bermanfaat untuk tuntunan dalam menemukan minat khusus seseorang.
Kategorisasi minat menurut Lorge dalam buku Andragogi karya DR. Zainudin Arif yaitu :
a. Orang Ingin Memperoleh :
1) Kesehatan
2) Waktu
3) Uang
4) Popularitas
5) Penampilan yang meningkat
6) Keamanan dihari tua
7) Pujian dari orang lain
8) Kesenangan
9) Waktu kosong
10) Kebanggaan atas keberhasilan
11) Kemajuan : bisnis, sosial
12) Kesenangan yang meningkat
13) Kepercayaan diri
14) Prestise pribadi
b. Mereka Ingin Menjadi :
1) Orang tua yang baik
2) Sosial, ramah tamah
3) Up to date
4) Kreatif
5) Bangga atas kepunyaannya
6) Mempengaruhi orang lain
7) Hidup berkelompok
8) Efisien
9) Nomor 1 dalam segala hal
10) Dipandang mempunyai kekuasaan
c. Mereka Ingin Melakukan :
1) Mengekspresikan kepribadiannya
2) Menolak dominasi orang lain
3) Memuaskan keingintahuannya
4) Berlomba dapat dipuji
5) Mengapresiasi keindahan
6) Mengumpulkan benda-benda
7) Memenangkan afeksi orang lain
8) Meningkatkan dirinya sendiri
d. Mereka Ingin Menyimpan :
1) Waktu
2) Uang
3) Kerja
4) Ketidaksenangan
5) Kekhawatiran
6) Keraguan
7) Resiko
8) Kebingungan pribadi
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat
Perbedaan minat disebabkan oleh tingkat sosial ekonomi, pendapatan dan tingkat pendidikan. Sedangkan beberapa generalisasi tentang pengaruh tingkat sosial ekonomi terhadap minat bardasarkan hasil studi johnstone dalam bukunya DR. Zainudin Arif
yaitu :
a. Semakin rendah tingkat status sosial ekonomi sosial seseorang, maka semakin kurang menekankan pentingnya arti pendidikan.
b. Rata-rata warga masyarakat dari tingkat ekonomi yang rendah berminat terhadap pendidikan sepanjang pendidikan itu mempunyai kegunaan praktis terhadapnya.
c. Walaupun pendidikan secara luas dipandang sebagai suatu saluran yang tepat untuk mobilitas sosial, rata-rata warga masyarakat yang berasal dari status sosial ekonomi rendah kurang siap dibandingkan dengan mereka yang status sosial ekonominya tingkat menengah untuk melanjutkan pendidikannya.
d. Rata-rata warga masyarakat dari status sosial ekonomi rendah tidak melihat pendidikan sebagai upaya untuk perkembangan pribadi atau realisasi diri pribadi, dan ini dapat dijelaskan mengapa mereka kurang siap untuk mengikuti program pendidikan yang bertujuan rekreasi dari pada yang bertujuan ketrampilan.
Selanjutnya perlu diketahui pula, bahwa minat untuk melanjutkan pendidikan berbeda-beda pula karena faktor kelamin, tempat tinggal, kota atau desa, suku bangsa dan besarnya serta jenis masyarakat.
Sekolah Menengah Kejuruan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs.
SMK melaksanakan proses pembelajaran dengan tiga aspek pembelajaran, yaitu aspek normatif, aspek adaptif, dan produktif yang secara jelas merupakan satu bentuk pertanggung jawaban sekolah terhadap upaya peningkatan kualitas anak didik.
Program pembelajaran di SMK lebih menekankan pada pembekalan praktik jauh lebih banyak dibandingkan pembelajaran teori. Dengan program seperti ini, maka anak didik lebih terarah pada persiapan teknis menuju penguasaan teknologi terpakai di dalam kehidupan. Penguasaan teknologi inilah yang memungkinkan bagi anak didik untuk dapat mengembangkan diri secara maksimal.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini meliputi :
1. Mengetahui seberapa besar minat siswa SMP untuk melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan (SMK) setelah melihat penayangan iklan SMK pada televisi.
2. Mengetahui maksud dan tujuan sekolah menengah kejuruan mempromosikan diri melalui media televisi.
3. Mengetahui seberapa besar hubungan antara persepsi siswa terhadap Iklan SMK ditelevisi dengan minat siswa melanjutkan ke SMK
Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini meliputi:
1. Hasil penelitian ini memberikan informasi kepada masyarakat luas khususnya guru SMP dan SMK tentang minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK.
2. Hasil penelitian ini dapat dijadikan respon atau tanggapan yang positif bagi pelaku pendidikan
3. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi guru sekolah menengah kejuruan dalam menentukan kebijakan, khususnya proses penerimaan siswa baru.
4. Bagi jajaran dinas pendidikan atau instansi terkait, hasil penelitian dapat bermanfaat sebagai bahan kajian untuk dasar menentukan kebijakan yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan.
5. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber bahan penelitian di bidang pendidikan.
6. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan-masukan yang berharga untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan
7. Memberikan rekomendasi kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian sejenis secara lebih luas, intensif dan memudahkan
8. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi mahasiswa dan pihak yang terkait dengan penelitian ini.
B. METODE
Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dua pendekatan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif menurut Whitney (1960) adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian deskriptif mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat, serta tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi tetentu, termasuk tentang hubungan, kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu fenomena.
Dalam penelitian ini, metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan fenomena penayangan iklan SMK di televisi dan pengaruh-pengaruhnya terutama pada siswa SMP. Sedangkan metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk menggambarkan dan mengukur sejauh mana pengaruh penayangan iklan SMK di televisi terhadap siswa SMP.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SLTP / Mts / yang sederajat kelas IX Tahun ajaran 2007 / 2008. Prosedur pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik random sampling. Area penelitian (sekolah) dipilih secara acak, masing-masing area dipilih beberapa kelas, kemudian tiap-tiap kelas dipilih secara acak untuk mewakili area yang diteliti.
Penentuan objek sampel area meliputi 3 SMP / sederajat, yaitu :
a. Kelas IX Mts Al-asror Patemon Semarang
b. Kelas IX SMPN 24 Semarang
c. Kelas IX SMPN 18 Semarang

Dan 2 SMK yaitu :
a. SMK TEUKU UMAR Jatingaleh Semarang
b. SMKN 4 Semarang
Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk mengetahui besarnya pengaruh iklan SMK ditelevisi terhadap siswa SMP melanjutkan ke SMK digunakan uji statistik regresi sederhana.
Mencari persamaan garis regresinya dengan menggunakan teknik analisa regresi linear, sebagai berikut :
Ŷ = a + bx
Keterangan :
Ŷ = Kriterium (minat siswa ke SMK)
a = Konstanta
b = Koefisien regresi
x = Tayangan iklan televisi
(hasil dan pembahasan penelitian kita bisa diskusi lebih lanjut)

About KANZAMEDIA

WIRAUSAHA

Posted on Januari 11, 2009, in belajar jadi peneliti. Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. Thaks so much buat penelitiannya…
    Tapi..jadi penasaran pak….bagaimana dengan hasil penelitian tersebut..
    Please donk..untuk menambah pengetahuan
    Trims

  2. hasilnya positif, untuk lebih lanjut silahkan anda hubungi lemlit unnes.

  3. dalam 1 minggu iklan SMK berapa kali tayang?

  4. jumlah penayangan iklan smk berapa kali?
    per 1 minggu ato per 1 bulan berapa kali penayangan?

  5. penelitian yang bagus nih, menambah inspirasi penelitian saya!

  6. waduh,saya juga sedang mengerjakan skripsi dengan topik yang sama..boleh minta softcopynya ngga?? maklum pemula belum begitu tau..lalu, metode penelitiannya dgn apa?

  7. res : softcopy silahkan hub. lembaga penelitian unnes, metodenya deskripsi kualitatif dan kuantitatif, mencari korelasi..

  8. assalamualaikum..
    kebetulan saya juga sedang menyusun karya ilmiah dengan bahasan yang mirip..boleh diminta bantuannya ga mas? kalau saya ingin menghubungi Lemlit UNES bagaimana? kebetulan saya tinggal di kota depok..
    terima kasih sebelumnya..

  9. utk indah: silahkan anda buka unnes.ac.id trus pilih lemlit (lembaga penelitian), disitu anda tahu banyak ttg lemlit

  10. bang Fauzi, minta contoh kuesioner iklannya donk?

  11. utk ms edi: maaf saya tidak meneliti sampai situ……

  12. halo mas.. kebetulan saya juga bikin skripsi dengan judul yang nyaris mirip dengan judl skripsi mas… kalo bisa saya minta bantuan, apa mas masih punya bab 4 mengenai DEPDIKNAS n DIKMENJUR serta gambar2 (storyboard) dari iklan layanan masyarakat SMK… saya tadi sudah add mas, agar lebih mudah dalam menghubungi mas.. mohon bantuan n pencerahannya ya mas.. terimakasih seblumnya. :)

  13. sudah saya kirim, smoga bermanfaat.

  14. salam kenal saya dari yogya,baru mengerjakan skripsi dengan judul hampir sama dengan penelitian mas,,saya bisa minta softcopy penelitian mas bagaimana caranya ya?butuh buat referensi saya mengerjakan skripsi.thx

  15. ms,bisa minta tolong kirim softcopy’nya ke e-mail saya ya…,sy uda add fb ms uda diconfirm belum ya?thx

  16. maaf, fb anda blm ada d permintaan teman. d cari lewat email jg ga da.

  17. saya tertarik dengan penelitian mas,karena saya juga ingin meneliti tentang keputusan siswa melanjutkan studi lanjut ke smk, tolong donk saya dikirimi referensi2 yang relevan untuk penelitian saya..thanks…..

  18. coba anda buka
    garuda.dikti.go.id

  19. terimakasy mas fauzi uda kirim refrensi ke mail saya,sangat berguna buat saya.thx bgt..

  20. Selamat pagi. saya sangat tertarik dengan skripsi yg kamu buat. kalo boleh tanya, data awalnya kamu ambil dimana?

  21. langsung ambil ke sekolah

  22. selamat pagi mas, boleh saya minta hasil penilitian mas dan data kuesionernya, kebetulan saya sedang meniliti hal yang sama di daerah saya. Jikalau berkenan bisa dikirim ke email sayakah? terima kasih.

  23. mba devi: coba anda cari hasilnya di lembaga penelitian UNNES semarang,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: